Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Sejarah Karpet Masjid

Terciptanya suasana pada ruangan . variasi warna dan motif pada karpet bisa mewujudnya tema pada ruangan. Misalnya karpet berwarna lembut dan bermotif floral bisa menciptakan suasana romantis pada ruangan. Menjadikan karpet sebagai titik perhatian. Anda bisa memasang karpet bermotif pada ruangan yang terkesan polos atau memilih warna kontras pada ruangan tersebut.

Karpet juga bisa menjadi peredam kebisingan. Entah itu kebisingan dari suara TV, radio atau yang lainnya. Anda bisa meletakkan karpet di ruangan, ini sangat cocok bagi Anda yang suka akan keheningan dan ketenangan.

Tingkatkan semangat sholat berjamaah di masjid dengan kenyamanan karpet masjid yang kami jual disini. Kami menyediakan karpet masjid dengan berbagai pilihan kualitas, warna dan motif. Ciptakan karakter masjid yang berbeda dengan merk karpet masjid seperti Medeena, Yasmin, Kingdom, Karpet Handmade (Custom Design) dll.

Menurut catatan sejarah, karpet dibuat oleh masyarakat nomaden (masyarakat yang hidupnya berpindah-pindah tempat), terlebih masyarakat berburu. Gambaran yang ditampilkan berkaitan dengan kehidupan keagamaan, kenegaraan, panjang umur, keberuntungan, keselamatan dan kesehatan. Karpet sendiri berdasarkan fungsinya terdiri atas lima jenis fungsi, yakni untuk dinding, lantai, koleksi, dekorasi, dan investasi. Karpet-karpet kuno umumnya dikerjakan dengan tangan dan menggunakan teknik simpul.

Di Persia kemahiran membuat karpet sudah ada sekitar abad ke-15. Zaman dulu kebanyakan karpet dibuat oleh para wanita. Sebuah karpet besar bisa menghabiskan waktu pembuatan sekitar tiga tahun. Oleh karena itu, harganya mahal sekali. Agar bisa menikah, seorang wanita harus mampu membuat karpet. Karpet itulah yang nantinya diberikan kepada calon suami. Tidak heran bila keterampilan itu tetap bertahan sampai sekarang.

Dahulu karpet-karpet dikerjakan secara manual, dengan tangan dan menggunakan teknik sampul atau ikat. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata masyarakat Persia sudah mahir membuat karpet. Dahulu karpet dibuat oleh para wanita. Karena wanita baru akan bisa menikah apabila dia bisa membuat karpet, yang nantinya akan diberikan untuk calon pengantin pria. Pembuatan karpet pun masih sangat sederhana, sehingga harga jualpun masih mahal dan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk membuatnya. Hanya orang yang kaya dan terpandang yang bisa membeli Karpet .

Namun saat ini karpet sudah diproduksi secara masal. Sering kita jumpai di toko-toko dan bisa membeli kapanpun kita mau. Dengan model, harga dan kualitas yang bervariasi kita bisa membelinya dengan mudah.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *