Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Jenis-Jenis Surat Kuasa Yang Umum Digunakan

Memberi kuasa pada orang lain pada saat anda sedang berhalangan untuk mengerjakan sesuatu bisa anda gunakan surat kuasa sebagai syarat antar penerima kuasa. Fungsinya adalah supaya orang tersebut diakui sebagai perwakilan anda yang sah secara hukum. Pembuatan surat kuasa mestinya harus memenuhi persyaratan antara lain anda benar-benar tidak dapat mengambil sesuatu secara mandiri.

Surat kuasa memiliki beberapa jenis yang sebaiknya anda ketahui sebelum membuatnya. Berikut ini jenis-jenis surat kuasa yang ditetapkan dalam undang-undang.

1. Surat kuasa umum

Jenis surat kuasa ini diberikan seseorang untuk mewakilkan pihak pembuat surat kuasa agar mengurus hal yang harus diselesaikan oleh pembuat surat kuasa. Surat kuasa ini biasanya dibuat untuk proses pengambilan dokumen seperti BPKB, pasport, ijazah dan juga gaji bulanan. Orang yang menerima surat kuasa merupakan orang yang terdekat dengan pemberi kuasa seperti orangtua, suami/istri, anak ataupun saudara kandung.

2. Surat kuasa khusus
Surat kuasa khusus biasanya dibuat untuk kepentingan di pengadilan. Seorang pengacara mendapat surat khusus dari kliennya untuk memabntu mneyelesaikan perkara di hadapan sidang dengan membela sesuai pasal yang berlaku. Dalam surat ini, pemberi kuasa memberikan wewenang kepada penerima kuasa dengan diberi arahan terlebih dahulu tugas apa yang harus si penerima kerjakan. Tugas harus dicantumkan secara detai dan terperinci.

3. Surat kuasa istimewa
Jenis surat kuasa ini dibuat dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu bersifat limitatif yaitu dimana penerima surat kuasa merupakan orang-orang yang berada pada lingkup pribadi pembuat surat kuasa. Tugas yang diberikan juga terbatas seperti membuat perdamaian, mengucap sumpah dan lain sebagainya.

4. Surat Kuasa Perantara
Surat kuasa ini melibatkan 3 pihak, dimana pihak 1 membuat surat kuasa untuk pihak 2 yang isinya pihak dua melakukan perbuatan hukum yang diperintahkan bersama pihak 3. Posisi pihak 2 kedudukannya menjadi pada posisi pihak 1.

Demikian beberapa jenis surat kuasa, anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan anda. Gunakan surat kuasa sebagaimana mestinya agar urusan anda aman dan nyaman.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *