Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Jatiluwih

BACA JUGA : Sewa Mobil di Bali

Teras Sawah Jatiluwih adalah tujuan wisata favorit di Bali yang terkenal dengan teras beras yang indah yang terbentang dari kaki gunung sampai ke sisi pantai. Ini adalah salah satu tempat untuk dikunjungi di Bali dengan pemandangan yang indah sesuai dengan namanya dari Jati dan luwih, dimana Jati sangat berarti dan Luwih artinya utama, bagus, dan indah atau setara. Sawah lokal ditanam di tempat ini terlihat khas dari tanaman dengan ukuran relatif tinggi jika dibandingkan dengan padi unggulan lainnya yang ditanam oleh sebagian besar petani di Bali. Di samping itu, Jatiluwih juga terkenal dengan sistem pertanian organik karena lokasinya terletak di dataran tinggi Gunung Watukaru yang cocok untuk pengembangan pertanian.

Jatiluwih adalah salah satu tempat menarik di daerah Penebel, Tabanan. Jatiluwih terkenal dengan keindahan alamnya dengan sawah bertingkat yang rapih. Di tempat ini juga di pemandangan gunung yang indah bernama gunung Batukaru, karena letak Jatiluwih ini tepat di kaki gunung Batukaru.

Perkebunan padi Jatiluwih memiliki luas sekitar 636 ha. Dan sawah Jatiluwih ini berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi bagi orang yang merindukan udara segar Gunung dan panorama alam sebagai tempat untuk menenangkan pikiran, karena tempat indah yang masih alami dengan udara segar.
Jatiluwih dikelilingi oleh suasana sejuk karena terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Selain potensi alaminya, Jatiluwih juga menyimpan potensi budayanya, terutama sejarah keberadaan Candi Petali yang terkait dengan kekuatan Raja Ida Dalem Waturenggong di Keraton Gelgel (1460 – 1552). Jarak dari Denpasar ke Jatiluwih sekitar 48 km dan terletak di bagian utara kota Tabanan (28 Km). Jalan menuju tempat ini telah semakin meningkat sehingga kendaraan bermotor bisa masuk dari sisi timur melalui Desa Pacung dan menuju Jatiluwih dan juga dari sisi barat dari Candi Watukaru sampai ke Jatiluwih. Jatiluwih banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara dan mancanegara yang ingin menikmati suasana dingin dan panorama indah teras padi. Jatiluwih sebagai tujuan wisata alam di Bali yang telah dikenal sejak penjajahan Belanda membangun Markas Keamanan dan sampai sekarang penduduk setempat memahami dengan Tangs Belanda. Pemerintah Indonesia telah menugaskan Jatiluwih menjadi Desa Wisata karena potensi ini.

Jatiluwih juga menyimpan tarian upacara keagamaan yang unik yang terkenal dengan nama Patirtaan di Candi Petali pada hari Rabu Kliwon Ugu (Berdasarkan Kalender Bali). Penduduk setempat percaya bahwa Candi Petali merupakan pusat pemujaan The Hyang Widhi Wasa (Tuhan) sebagai kekuatan pertanian. Selain Candi Petali, ada juga Pura Pucak Rsi yang berada di daerah ini. Sebagai objek wisata, Jatiluwih menyediakan fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, tempat tidur bertingkat dan Wantilan bagi wisatawan yang sedang menikmati panorama yang indah. Beberapa restoran telah dibangun untuk menyajikan makanan dan minuman.

BACA JUGA : Paket Watersport di Bali

Dari wisatawan Teras Sawah Jatiluwih juga bisa mengunjungi air mata angsri panas, karena jarak dari mata air panas angsri Jatiluwih begitu dekat. Meski letak resor ini sangat terisolasi, dengan jalan berliku, namun banyak tempat wisata yang bisa kita nikmati di sana. Untuk perjalanan ke daerah ini juga tidak membosankan, karena kita menyusuri pemandangan sungai yang indah sepanjang jalan di mana hamparan sawah terbentang luas, dan pepohonan rindang yang berjejer sampai ke Jatiluwih. Jika ingin mengunjungi kawasan wisata yang terisi Dengan sawah hijau yang membentang ke keindahan dan tradisi itulah maka Jatiluwih adalah daerah yang harus Anda kunjungi, saya yakin Anda akan merasa kagum pada pemandangan di depan Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *