Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

6 Cara Mengatur Waktu Bekerja Agar Lebih Produktif

Cara Mengatur Waktu Bekerja Agar Lebih Produktif

Di dunia ini tak ada yang memiliki jumlah waktu berbeda. Semua sama-sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari semalam. Lalu kenapa ada orang yang justru lebih produktif tiap harinya serta ada juga yang sebaliknya?

Mereka yang dapat lebih produktif dalam bekerja merupakan orang yang pandai mengatur waktu.

Namun tahu caranya menempatkan sebuah pekerjaan di atas pekerjaan lainnya, dan tau persis pekerjaan mana yang harus lebih diutamakan dalam setiap pekerjaannya.

Untuk Anda yang masih merasa tak bisa mengatur waktu bekerja, jangan khawatir. Berikut merupakan 7 cara mengatur waktu yang bisa bantu Anda bekerja lebih produktif.

1. Ambil Istirahat yang Cukup
Setiap menyelesaikan sebuah pekerjaan, berilah kesempatan pada otak dan tubuh Anda untuk beristirahat. Tak usah lama-lama, hanya sekitar 15 menit saja.

Pakailah waktu istirahat untuk peregangan otot badan yang kaku dan juga hiruplah udara yang segar.

2. Buat To-Do List
Mengerjakan sesuatu tanpa ada rencana maka dapat membuat pekerjaan jadi tidak efektif dan membuat Anda membuang energi.

Anda juga akan jadi bingung apa yang akan dikerjakan hari itu. Hasilnya, waktu bekerja Anda jadi terbuang percuma.

3. Buat Skala Prioritas
Setelah membuat daftar pekerjaan, maka mulailah menentukan pekerjaan yang jadi prioritas utama dan yang biasa bisa dikesampingkan dahulu. Lihat secara seksama kegiatan Anda dan tandai yang mana harus didahulukan.

4. Tentukan Tenggat Waktu
Tiap pekerjaan yang dilakukan harus memiliki batas dan tenggang waktu pasti. Hal ini guna memastikan jika Anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik serta tepat waktu.

5. Fokus pada Pekerjaan
Agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan tepat waktu, tak ada cara yang lebih baik selain Anda harus fokus dalam mengerjakannya. Abaikan segala hal yang berpotensi menganggu pekerjaan Anda.

6. Jangan Coba Multitasking
Menjadi multitasking memang hebat. Tapi mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama hanya akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Meski selesai tepat waktu hasilnya juga jadi tidak maksimal.

Sekedar info, saat seseorang dipaksa multitasking, maka otak akan bekerja lebih keras. Sumber: http://pekanbaru.tunakarya.com/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *