Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Program Program Beasiswa Pendidikan Indonesia

Program Program Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia atau yang disingkat BPI ini merupakan bantuan dana Pendidikan yang diberikan pemerintah melalui suatu lembaga yang berada dibawah Kementrian Keuangan. Lembaga tersebut dikenal dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP dibentuk oleh kementrian keuangan bersama dengan kementrian Pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, serta kementrian riset teknologi dan Pendidikan tinggi yang berfungsi untuk mengelola dana besar yang digelontorkan pemerintah bagi mahasiswa pascasarjana setingkat S2 maupun S3.

Baca pula info beasiswa terbaru yang telah dirangkum dalam sebuah website pada link disini.

Beasiswa LPDP atau BPI sendiri memiliki 5 program unggulan, yaitu :

  1. Beasiswa BPI Program Magister dan Doktor

Program Magister dan Doktor merupakan program yang paling banyak diminati para mahasiswa pascasarjana. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang akan menempuh janjang S2 ataupun S3 di tahun depan. Untuk informasi lebih jauh mengenai pendaftaran, penerimaan, jadwal, seleksi, hingga mekanisme yang diberikan panitia dalam seleksi penerima program Magister dan Doktor dapat dilihat di link Beasiswa LPDP Program Magister dan Doktor.

  1. Beasiswa BPI Program Tesis dan Desertasi

Beasiswa Program Tesis dan Desertasi merupakan program bantuan yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang terkendala masalah keuangan dalam melakukan penelitian tesis ataupun desertasi. Seperti yang diketahui bersama, untuk menyelesaikan jenjang S2 ataupun S3 maka dibutuhkan penelitian dengan dana yang tak sedikit guna melengkapi persyaratan wisuda, yaitu Tesis ataupun Desertasi. Dengan adanya program ini, diharapkan taka da mahasiswa yang terkendala dengan dana minim untuk menyelesaikan tesis atau desertasi yang dilakukan.

  1. Beasiswa BPI Program Afirmasi

Mirip dengan Beasiswa BPI program magister dan doktor, program afirmasi juga diberikan bagi mahasiswa setingkat S2 ataupun S3 yang akan melanjutkan kuliahnya di tahun depan. Perbedaannya dengan program magister dan doktor ialah sasaran penerima beasiswanya. Jika sasaran beasiswa magister dan doktor ialah seluruh masyarakat Indonesia, maka beasiswa program afirmasi hanya dikhususkan bagi alumni beasiswa bidik misi, serta bagi mereka yang hidup di pedalaman atau pinggiran Indonesia.

  1. Beasiswa BPI Program Pendidikan Dokter Spesialis

Seperti namanya, beasiswa ini ditujukan bagi masyarakat yang menginginkan Pendidikan spesialis kedokteran secara gratis.

  1. Beasiswa BPI Program Presidential Scholarship

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *