Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Tenang, Kalian Masih Bisa Hidup Tanpa 4 Organ Ini

  1. Ginjal

    Ginjal

Seperti yang telah kita tahu, manusia memiliki dua ginjal, tetapi satu ginjal juga sudah cukup untuk bertahan hidup. Sebagian kecil orang mungkin dilahirkan di dunia dengan hanya memiliki satu ginjal saja, atau di angkat akibat suatu penyakit.

Umumnya, seseorang yang memiliki satu ginjal mempunyai sedikit atau bahkan tidak memiliki masalah dalam kesehatan sama sekali, dan memiliki harapan hidup yang cenderung normal.

Secara teknis, seseorang masih dapat hidup walaupun tanpa ginjal, namun diperlukan sebuah proses dialisis (Dialisis merupakan sebuah perawatan yang mendukung kehidupan dengan menggunakan bantuan mesin khusus yang fungsinya menyaring kelebihan cairan, garam, dan limbah berbahaya.)

     2. Paru-Paru

Paru-paru

Kita mungkin akan kesulitan bernapas jika hanya punya satu paru-paru(one lung). Hidup dengan satu paru-paru bukannlah hal mustahil. Contohnya, Paus Fransisikus yang baru saja terpilih hanya punya satu paru-paru, dan para ahli kesehatan meyebutkan itu bukanlah menjadi masalah yang sangat fatal.

Seseorang dapat selamat, bahkan tanpa paru-paru sekalipun. Biasanya pengangkatan paru-paru disebabkan oleh kanker paru-paru(lung cancer).

Saat satu bagian paru-paru di lepas, paru-paru yang lain akan mengembang dan mengisi rongga yang kosong. Biasanya, hidup dengan satu paru tidak akan berdampak di kehidupan sehari-hari, tapi tidak boleh melakukan hal-hal yang berat misalnya, olahraga berlebihan, kata Dr. Len Horovitz(ahli di bidang paru-paru di Rumah Sakit Lenox Hil, New York City).

  1. Limpa

    Limpa

Limpa adalah kelenjar yang erat hubungannya dengan sistem sirkulasi dan fungsinya yaitu menghancurkan sel darah merah yang sudah tua.

Limpa berfungsi menyaring darah dan membantu tubuh kita untuk melawan infeksi, namun itu tak begitu penting untuk kelangsungan hidup. Limpa bisa di angkat apabila rusak atau sudah tidak dapat berfungsi normal. Tetapi, seseorang yang hidup tanpa memiliki limpa akan lebih rentan terserang infeksi penyakit.

  1. Lambung

    Lambung

Gastrektomi Total adalah prosedur dimana lambung yang terkena kanker, perut akan di buka lalu lambung akan di operasi. Seseorang yang pernah menjalani prosedur ini akan menerima nutrisi melalui pembuluh darah dalam waktu beberapa minggu sampai sembuh.

Setelah sembuh, mereka akan makan seperti biasa, suplemen makanan diperlukan apabila mereka memiliki masalah dalam menyerap vitamin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *