Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Mengobati Flu yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Jika kita berbicara tentang penyakit yang sering menyerang kebanyakan orang disekitar kita, rasanya flu adalah termasuk di dalamnya. Flu pun dapat dikategorikan sebagai penyakit yang ringan, bahkan bisa sembuh dengan langkah pengobatan yang sederhana. Akan tetapi, cara mencegah dan mengobati flu yang terjadi pada ibu hamil tidaklah sesederhana seperti mengobati flu biasa yang lebih sering dialami oleh kebanyakan orang. Mengapa pengobatan flu pada ibu hamil lebih sulit dan lebih khusus ? Hal ini tidaklah lain dikarenakan janin yang dikandung oleh ibu bisa turut mendapatkan dampak apabila pemilihan obat flu pada ibu hamil kurang tepat maupun metode pengobatan yang kurang tepat. Ibu hamil adalah salah satu dari beberapa kelompok penderita flu yang memiliki resiko terjadinya komplikasi dari sakit flu. Oleh sebab itulah, cara mengobati flu pada ibu hamil haruslah dilakukan dengan tepat dan sesegera mungkin sebelum terjadi parah.

Sistem kekebalan tubuh ibu yang sedang hamil tidaklah sama saat tidak hamil. Daya tahan ibu hamil lebih lemah, yang membuatnya pun semakin rentan mengalami masalah kesehatan. Salah satunya adalah flu. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa flu pada ibu hamil bisa berlangsung jauh lebih lama dibandingkan dengan orang umum. Untuk gejala-gejala yang timbul tidaklah lain sama dengan flu yang terjadi pada umumnya di orang lain, yakni pilek, demam, sakit tenggorokan, batuk sampai dengan pegal-pegal dan juga sakit kepala. Salah satu resiko komplikasi flu yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah bronkhitis dan juga pneumonia. Bahkan juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi terhadap tumbuh kembang janin yang dikandung ibu sehingga berujung pada dampak negatif saat persalinan, seperti lahir prematur ataupun berat badan bayi yang dibawah normal.

Cara Mencegah Dan Mengobati Flu Pada Ibu Hamil Adalah Dengan Menjaga Asupan Makanan yang Bergizi

Cara Mencegah Dan Mengobati Flu Pada Ibu Hamil Adalah Dengan Menjaga Asupan Makanan yang Bergizi

Cara mengobati flu yang paling sederhana untuk dapat dilakukan oleh ibu hamil ketika mengalami penyakit yang satu ini adalah dengan minum air putih yang banyak, selingi juga dengan minum jus buah maupun sayur, sampai dengan mengkonsumsi minuman ataupun permen untuk melegakan tenggorokan. Jangan lupakan istirahat yang cukup sebagai bagian dari cara mengobati flu, yang mana istirahat yang cukup akan memberikan efek positif pada sistem imunitas ibu hamil. Sementara itu, untuk mengatasi hidung tersumbat yang terjadi karena flu pada ibu hamil, cara yang bisa dilakukan adalah letakkan mesin pelembab udara di dalam rungan. Atau bisa juga dengan mandi menggunakan air hangat. Kalau untuk mengobati batuk, ibu bisa mengobati dengan berkumur mamakai air hangat yang sudah dicampur sedikit garam. Atau bisa juga dengan makan makanan hangat dan bergizi seperti sup ayam.

Ibu hamil yang mengalami flu tidaklah dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan sebagai cara mengobati flu, terlebih di 12 minggu awal kehamilan yang merupakan masa sangat penting dalam perkembangan organ vital janin di kandungan ibu. Bahkan juga sebagian dokter tidak memperbolehkan ibu hamil mengobati flu dengan obat-obatan kimia sampai dengan usia kehamilan 28 minggu. Setelah masa kehamilan tersebut, beberapa jenis obat dianggap aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengalami sakit flu. Ada hal yang perlu untuk diperhatikan oleh ibu dalam memilih obat flu, yakni hindari mengkonsumsi obat yang berguna untuk mengatasi beberapa gejala flu sekaligus. Jauh lebih baik adalah pilih satu obat untuk mengatasi satu gejala yang sangatlah mengganggu ibu. Perkara konsumsi obat memanglah akan jauh lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1296022/cara-mencegah-dan-mengobati-gejala-flu

Dalam pengobatan yang berlangsung, tak kalah pentingnya ibu pun harus dapat dengan baik menjaga kebersihan. Contoh kecilnya adalah cuci tangan memakai sabun Lifebuoy sebelum makan, guna menjauhkan dari terjadinya kontaminasi virus flu ke makanan yang akan ibu makan. Ibu hamil haruslah segera memeriksakan kondisi flu ke dokter apabila menunjukkan tanda-tanda flu tak kunjung reda sampai 4 hari. Apalagi jika disertai dengan gejala-gejala yang lebih berat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *