Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Mengetahui Beberapa Penyebab Tanda Lahir Pada Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru dilahirkan sering mempunyai tanda lahir di ruang spesifik pada badannya. Tanda lahir itu bisa berbentuk bercak berwarna-warni yang ukuran serta memiliki bentuk bermacam.

Tetapi tahukah Anda mengapa ada bayi yang memilikinya, namun ada pula yg tidak? Menurut keyakinan orang-orang, tanda lahir juga akan menempel pada bayi bila pada saat memiliki kandungan, sang ibu lihat gerhana bulan. Ada juga yang menyebutkan tanda lahir dikarenakan oleh masa mengidam ibu hamil yg tidak tercukupi. Menjadi ibu yang sedang mengandung memang tidak mudah dimana anda harus menjaga kandungan,selain itu juga harus memikirkan perlengkapan bayi baru lahir apa saja yang harus dibeli.

Sesungguhnya sampai saat ini penyebabnya menempelnya tanda lahir pada bayi masih tetap belum juga dapat di pastikan. Dokter juga tidak paham mengapa ada bayi yang mempunyai tanda lahir serta ada pula yg tidak memilikinya. Bila diliat dari bagian medis, beberapa tanda lahir dikarenakan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau tidak tumbuh normal. Sesaat tanda lahir yang lain muncul karna pigmen penambahan pada kulit.

Mengetahui Beberapa Penyebab Tanda Lahir Pada Bayi Baru Lahir

Pada dasarnya, tanda lahir terdiri jadi dua type, yakni tanda lahir vaskular serta tanda lahir berpigmen.

1. Tanda lahir vaskular.

Tanda lahir ini dikarenakan oleh pembuluh darah yang abnormal dibawah kulit. Bercak yang muncul umumnya berwarna ungu, merah muda, merah, atau biru. Kemunculannya seringkali didapati pada ruang muka, leher serta kepala. Tanda lahir ini terdiri sekali lagi jadi sebagian type, yakni :

  • Tanda strobery. Nama medis dari tanda lahir type ini yaitu hemangioma infantil. Bayi yang mempunyai tanda lahir type ini juga akan mempunyai bercak merah mirip strobery di kulit. Tetapi bila pembuluh darah abnormal menyerang ke sisi yang lebih dalam dibawah kulit, jadi bercak yang keluar juga akan berwarna biru atau ungu. Sekitaran lima % bayi mempunyai tanda ini sebentar sesudah lahir. Bercak juga akan jadi membesar pada enam bulan pertama, lantas menghilang sebelumnya anak berumur tujuh th..
  • Ciuman malaikat. Tanda ini umum juga dimaksud gigitan bangau, noda makular, atau salmon patch. Keberadaannya diikuti oleh bercak tidak tebal berwarna merah muda atau merah di kulit, serta lebih relatif keluar pada kulit diantara alis, kelopak mata atas, bibir atas, atau belakang leher. Umumnya tanda ciuman malaikat juga akan menghilang seutuhnya, tanpa ada perawatan apapun, dalam sebagian bulan. Tetapi bila tanda ini keluar di ruang dahi, sistem memudarnya bercak dapat menelan saat sampai empat th.. Disamping itu, untuk tanda di belakang leher dapat bertahan lebih lama.
  • Noda anggur. Bercak merah muda kemerah-merahan tampak mulai sejak bayi dilahirkan. Bercak ini lalu juga akan beralih jadi merah keungu-unguan. Noda anggur seringkali muncul di satu bagian badan serta umumnya berlangsung di wajah, dada, serta punggung. Meskipun demikian, tanda lahir ini dapat pula keluar di ruang badan yang lain. Umumnya noda anggur berbentuk permanen serta punya potensi jadi membesar bersamaan perubahan anak.

2. Tanda lahir berpigmen.

Penyebabnya tanda lahir ini yaitu hadirnya grup sel berpigmen di kulit. Bercak yang muncul umumnya berwarna cokelat. Tanda lahir ini terdiri sekali lagi jadi sebagian type, yakni :

  • Tahi lalat besar. Tahi lalat berwarna cokelat atau hitam ini dapat tampak mulai sejak bayi dilahirkan. Ukuran diameter tahi lalat ini bermacam, ada yang kurang dari 1. 5 cm sampai lebih dari 20 cm. Seiring waktu berjalan, tanda ini juga akan mengecil serta warnanya memudar. Tetapi ada juga yang ukurannya malah jadi membesar dengan warna yang semakin pekat atau berbulu.
  • Noda kopi. Banyak anak mempunyai tanda berwarna kecokelatan ini sejumlah satu atau dua pada badannya. Tanda lahir noda kopi umumnya memudar atau mengecil bersamaan perkembangan anak. Tetapi ada juga yang warnanya semakin pekat karna terkena cahaya matahari.
  • Bintik Mongolia. Tanda lahir berwarna biru keabu-abuan atau seperti memar ini lebih umum menyerang bayi yang berkulit lebih gelap. Bintik ini umum keluar pada pantat atau punggung bawah. Tetapi dapat pula keluar di ruang badan yang lain. Bintik ini dapat bertahan sepanjang berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tetapi umumnya memudar saat anak berumur empat th. atau umur sekolah.

Apakah Tanda Lahir Beresiko?

Umumnya tanda lahir tidak beresiko serta tidak memerlukan perawatan apapun serta beberapa juga akan hilang seiring waktu berjalan. Tetapi walau tidak sering berlangsung, ada juga tanda lahir yang dapat beresiko negatif pada kesehatan. Di bawah ini tanda lahir yang memerlukan perlakuan medis :

  1. Tanda strobery yang jadi membesar atau yang merubah ruang mata, mulut, atau hidung. Tanda lahir pada beberapa lokasi ini bisa mengakibatkan masalah pada pandangan serta pernafasan
  2. Noda anggur mesti selekasnya dikerjakan bila bercaknya sudah ada di dekat mata serta pipi. Keadaan ini sering dikaitkan dengan masalah pandangan, seperti glaukoma.
  3. Noda kopi yang muncul lebih dari enam bercak dapat jadi tanda neurofibromatosis. Keadaan ini dapat mengakibatkan tumor.
  4. Tanda lahir pada tulang punggung sisi bawah bisa berkembang ke bawah kulit serta merubah saraf dari serta aliran darah ke saraf tulang belakang.
  5. Terkecuali beresiko pada kesehatan fisik, ada beberapa tanda lahir yang dapat merubah keadaan psikologis anak umpamanya karna begitu besar atau keluar di muka.

Perlakuan yang bisa dikerjakan untuk menangani tanda lahir dapat berbentuk pemakaian laser, pembedahan, atau konsumsi obat-obatan (propranolol atau kortikosteroid). Demikian halnya untuk menangani tanda lahir yang mengganggu keadaan psikologis anak, Anda dapat mengonsultasikannya selanjutnya pada dokter.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *