Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Cara mudah merawat mata agar selalu sehat

Cara mudah merawat mata agar selalu sehat – terkadang kita lupa menjaga kesehatan mata. Meski mata termasuk dalam lima indera paling penting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk memastikan matamu tetap sehat seiring bertambahnya usia, inilah cara menjaga kesehatan matamu,

1. Makan banyak buah dan sayuran
Wortel adalah salah satu buah sayuran yang bisa anda gunakan atau konsumsi untuk menjaga kesehatan mata anda. Ini karena beta karoten merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam.
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen dan ketidaknyamanan pada mata. Jangan memakai kacamata untuk waktu yang lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata.
Kurangi penggunaan obat tetes mata. Penggunaan obat tetes mata bisa mengobati mata merah, tapi hanya sesekali. Jika berlebihan, justru akan merusak kesehatan matamu.

4. Gunakan mentimun
Gunakan mentimun untuk kompres kelopak mata. Tempatkan sepotong mentimun dingin dan lembut di kelopak mata Anda selama 10 menit sebelum tidur pada malam hari untuk mencegah kembung.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Kenakan lensa terpolarisasi bukan hanya lensa gelap. Kacamata pelindung UV dibutuhkan untuk mengatasi sinar matahari. Dan bagi anda yang suka membaca dan menonton tv sangat dianjurkan untuk memakai kacamata baca atau kacamata anti radiasi.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, usahakan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Hal itu bisa membuat mata menjadi lelah.

7. Kenakan kacamata pada saat yang tepat
Untuk anda yang bekerja di sekitar tempat dengan bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya sangat dianjurkan untuk memakai pelindung mata.

8. Jangan membaca dalam cahaya rendah
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dengan lampu redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata Anda merasa lelah, berhentilah sejenak dan beristirahatlah.

9. Jangan langsung melihat terangnya terlalu terang
Jangan langsung melihat bahwa cahaya itu terlalu terang. Jangan memusatkan perhatian pada sinar matahari karena bisa merusak mata Anda.

10. melatih mata Anda dan melakukannya untuk bersantai
Cobalah untuk memusatkan perhatian pada benda yang dekat dengan Anda, benda yang jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, letakkan siku di pinggul Anda, tutup mata Anda, dan tutup mata Anda dengan telapak tangan Anda. Jaga telapak tangan menutupi mata selama 10 detik. Bukalah matamu dan ulangi jika perlu.

Inilah cara menjaga kesehatan mata Anda. Ingat, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Jagalah matamu dengan baik karena tanpanya dia tidak akan bisa melihat keindahan dunia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *