Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Mengenal Alat Sterilisasi Alat Kesehatan

Yuk kita mengenal alat sterilisasi alat kesehatan yang biasanya digunakan di rumah sakit atau klink dan juga tempat pelayanan kesehatan lainnya. Kita semua tahu, sterilisasi adalah sebuah proses yang dilakukan untuk membebaskan satu benda atau alat dari infeksi bakteri yang menempel padanya. Ada dua jenis proses sterilisai yaitu dengan cara fisik atau kimiawi. Dengan cara kimia adalah dengan menggunakan bahan Рbahan kimia sedangkan dengan cara fisik yaitu dengan cara pemanasan dengan alat sterilisasi yang akan kita pelajari bersama di sini.

alat sterilisasi alat kesehatan

Dua Jenis Alat Sterilisasi Alat Kesehatan

Secara umum ada dua macam alat sterilisasi yang digunakan dalam proses sterilisasi alat – alat medis rumah sakit. Yaitu sterilisator kering dan sterilisator basah. Berikut penjelasan masing – masing alat tersebut.

1. Sterilisator Kering

Dikatakan sebagai sterilisator kering atau dalam nama dagang adalah Dry Heat Sterilisator, merupakan jenis alat sterilisai dengan menggunakan radiasi inframerah dengan suhu tinggi. Alat ini berbentuk seperti almari dengan dua pintu atau satu pintu yang ukurannya kecil. Didalamnya terdapat rak – rak yang terbuat dari stainless tahan panas. Rak tersebut berfungsi untuk meletakkan alat – alat atau instrument medis yang akan disterilkan. Alat – alat kesehatan yang bisa disterilisasi dengan menggunakan alat ini yaitu alat – alat yang berbahan logam dan kaca.

2. Sterilisator Basah

Berbeda dari yang pertama, sterilisator ini dinamakan alat sterilisasi basah. Mengapa dinamakan sterilisator basah ? Kata basah sangat identik dengan air, jadi alat sterilisasi ini menggunakan media air dalam proses kerjanya. Sterilisator basah disebut juga dengan sebutan Autoclave. Cara kerja alat ini adalah dengan menguapkan air dengan elemen pemanas sehingga uap panas yang dihasilkan akan membunuh bakteri dan bibit penyakit yang ada pada alat medis.

Harga alat ini berkisar antara 3 juta hingga puluhan juta tergantung dari volumenya. Untuk lebih jelasnya anda bisa tanyakan di toko alat kesehatan yang jual Autoclave dengan berbagai ukuran volume.

Sudah jelaskah anda dengan pembahasan ini ? Untuk mengenal lebih dekat tentng alat sterilisasi alat kesehatan anda bisa datangi rumah sakit langsung, atau anda bisa mencari informasi di internet mengenai berbagai macam dan jenis alat sterilisasi alat kesehatan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *