Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Mengenal Contoh Alat Kesehatan di Laboratorium Klinik dan Rumah Sakit

Ada banyak macam dan jenis alat kesehatna yang ada di Rumah Sakit dan Klinik, semua alat itu mempunyai fungsi yang bermacam – macam. Ada juga alat – alat medis yang khusus digunakan di ruangan tertentu salah satunya yaitu alat kesehatan yang digunakan di laboratorium. Laboratorium yang saya maksudkan di sini tentu laboratorium di Rumah Sakit dan klink. Karena alat alat – alat medis bisa jadi tidak kita temukan di laboratorium lainnya.

alat laboratorium medis

Namun demikian, peralatan umum yang digunakan sebagai penunjang laboratorium dimanapun tidak terlalu berbeda. Nah, di kesempatan ini penulis ingin mengajak pmebaca sekalian untuk mengenal beberapa jenis alat kesehtan yang ada di laboratorium medis beserta penjelasannya. Yuk langsung saja, berikut beberapa contohnya.

1. Photometer

Photometer merupakan sebutan untuk alat medis yang berfungsi untuk menganalisa sample darah. Alat ini menggunakan sebuah komponen elektronik yang dibangun dengan sistem yang unik dengan sensor photometri sehingga mampu menganalisa serum darah manusia. Alat ini juga dinamakan, Chemistry Analyzer karena spesifikasi fungsinya yaitu untuk menganalisa unsur – unsur kimia yang ada di dalam darah dan menghitung kadarnya. Meskipun sekarang sudah menjamurnya toko alkes yang jual photometer murah, namun untuk rumah sakit kelas menengah ke bawah kebanyakan masih belum memiliki alat ini.

2. Hematology Analyzer

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan photometer. Menganalisa darah langsung tanpa proses menjadi serum. Hematology lebih spesifik pada sel – sel darah, yaitu menghitung dan menganalisa beberapa parameter yang terkait dengan jumlah sel darah manusia. Harga alat ini juga cukup mahal, bahkan menurut informasi yang saya dapatkan dari salah satu distributor alat kesehatan online harga hematology analyzer jauh lebih mahal dari harga photometer.

3. Mikroskop Binokuler

Sekarang memang sedang zamannya binokuler, karena mikroskop monokuler sudah bisa kita katakan ketinggalan zaman walaupun masih ada juga yang mencarinya. Mikroskop merupakan alat laboratorium umum, berfungsi di segala bidang dengan latar belakang penggunaan yang sama yaitu untuk melihat dna menganalisa benda – benda yang sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata kepala. Mikroskop binokuler yaitu mikroskop yang memiliki dua lensa okuler sehingga dengan demikian kita bisa melihat benda yang kita amati dengan menggunakan kedua mta kita.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *