Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Pentingnya Memahami Fungsi Akuntansi Bagi Perusahaan

Pentingnya Memahami Fungsi Akuntansi Bagi Perusahaan

Pada kesempatan kali inikita akan membahas tentang masalah keuangan yang berkaitan dengan fungsi akuntansi bagi peerusahan. Tanpa pembukuan yang tepat maka sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Karena pembukuan keuangan yang baik termasuk syarat pokok agar sebuah perusahaan bisa berkembang dan istim akutansi bisa di sebut sebagai bahan bakar sebuah perusahaan. Karena dari situlah sebuah perusahaan ditentukan masa depanya karena apabila sudah menyangkut dengan akutansi maka jatuhnya akan membahas tentang untung dan rugi sebuah perusahaan. Di suatu perusahaan rugi maka sudah bisa dipastikan akan mengalami kebangkrutan dan dampaknya perusahaan tersebut tutup. Berikut kitdda akan belajar tentang apa itu fungsi dari akutansi sebuah perusahaan :

Pentingnya Memahami Fungsi Akuntansi Bagi Perusahaan
Pentingnya Memahami Fungsi Akuntansi Bagi Perusahaan
  • Sebagai Dokumen Untuk Mengetahui Jumlah Keuntungan Atau Kerugian Sebuah PerusahaanFungsi akuntansi bagi perusahaan  yang pertama adalah untuk mengetahui keuntungan atau kerugian yang di dapat oleh ssebuah perusahaan, hal ini sangat jelas dengan adanya pembukuan maka segala bentuk pengeluaran dan pemasukan akan terlihat dan tentunya dari situ bisa dihitung berapa jumlah pengeluaran dan pemasukan apakah seimbang atau tidak. Akan tetapi untuk masalah untung rugi semua perusahaan tidak selamanya senantiasa mendapatkan selalu keuntungan banyak sekali perusahaan – perusahaan yang mengalami kerugian yang cukup besar yang bisa di sebabkan karena software laporan keuangan sederhana free tidak terkelola dengan baik. Selain itu bisa juga karena aplikasi pajak yang kurang di perhatikan dan keterlambatan dalam membayar pajak sehingga menyebabkan denda dan kerugian.
  • Bertujuan memberikan informasi bagi operasional perusahaanHal ini merupakan fungsi akuntansi bagi perusahaan yaitu memberikan informasi bagi perusahaan tentang masalah keuangan baik pengeluaran ataupun pemasukan. Sehingga dapat bisa di ambil sebuah tindakan selanjutnya. Yang tindakan tersebut bisa di gunakan sebagai alat untuk menentukan masa deoan sebuah perusahaan. Apakah perusahaan tersebut akan membuat cabang baru atau akan digunakan uuntuk keperkuan perusahaan yang lain. Semua laporan tersebut di laporkan kepada menejemen sebuah perusahaan sehingga dari pihak sanalah yang akan mengatur sebuah perusahaan tersebut.  Tentunya pembayaran pajak UMKM juga harus dibayarkan oleh sebuah perusahaan atas perintah dari atasan yang di sarankan dan di hitung oleh bagian akutansi.
  • Informasi keuangan perusahaanFungsi akuntansi bagi perusahaan yang selanjutnya adalah memberikan informasi keuangan kepada perusahaan. Hal ini yang berhak untuk mengetahuinya adalah jajaran menejemen, seperti hal nya direktur perusahaan, menejer dan para pemegang saham yang memiliki hak andil dalam perusahaan tersebut untuk mengetahui berapa keuntungan yang nantinya akan di dapatkan. Selain itu juga informasi keuangan juga sangat penting untuk bisa di rapatkan bersama untuk kelanjutan sebuah perusahaan. Biasanya di sebuah perusahaan besar yang memiliki penghasilan atau putaran uang sampai miliyaran rupiah mereka menggunakan softwere pembukuan agar lebih ringkas dan terperinci.
  • Mengalokasikan masalah sumber daya ekonomiFungsi akutansi bagi perusahaan yang selanjutnya adalah mengalokasikan sumberdaya ekonomi, maksudnya adalah  memanfaatkan dana yang tersedia secara terperinci agar biaya yang di keluarkan oleh sebuah perusahaan tidak terbuang secara berlebihan dan sia – sia, sehingga biaya tidak boros untuk keperluan yang sebenarnya tidak begitu penting. Misal dalam mengalokasikan untuk modal, bangunan, tenaga kerja, peralatan dan mesin yang di gunakan untuk melakukan produksi. Kesemuanya itu harus dilakukan secara seimbang. Serta jangan lupa membuat untuk alokasi untuk pembayaran pajak sehingga juga harus ada akutansi UKM. Agar semuanya bisa berjalan dengan seimbang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *