Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Cara Budidaya Rambutan Rapiah

Cara Budidaya Rambutan Rapiah

Cara Budidaya Rambutan Rapiah

Apa kabar para petani organik semua, bagaimana dengan perkebunannya ? dalam kesempatan kali ini saya akan menerangkan tentang cara menanam rambutan rapiah di lahan perkebunan anda. berbeda dengan rambutan binjai rambutan rapiah memiliki ciri khas yaitu terdapat pada kulitnya. buahnya berwarna hijau kekuningan dengan rambut pendek kasar dan ujungnya agak kering. rasa daging buahnya manis, tebal, putih, agak kering, kenyal, ngelotok dan kulit bijinya agak melekat. rambutan rapiah ini sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan dan pelengkap menu di meja.

Manfaat Rambutan Rapiah

selain enak dimakan rambutan rapiah ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita yaitu dapat meningkatkan kinerja dengan cepat, menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas, penangkal anemia, menyehatkan ginjal, menurunkan berat badan dan menguatkan sistem imun tubuh. hasil dari pohon rambutan rapiah enak dan bermanfaat sudah sepantasnya kita membudidayakan tanaman rambutan rapiah ini di lahan kita. untuk cara menanam rambutan rapiah di lahan perkebunan pertama kita perlu membibitkan dulu bisa dengan cara okulasi cangkok, atau dari biji namun jika ingin praktikum bibit siap tanam di sahabat beli di kios bibit di daerah anda. hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit rambutan seperti bibir harus benar sehat dan tidak terserang penyakit hama, daun hijau sehat tidak kering atau layu, berbatang kokoh dan usahakan belilah bibit yang rindang.

Lokasi penanaman bibit pohon rambutan rapiah bisa tumbuh secara optimal pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 500 mdpl dengan tipe iklim basah. memiliki curah hujan 1500 – 3000 mm per tahun dengan tanah gembur dan subur lokasi yang dikehendaki tanaman haruslah lahan bersih dari gulma pengganggu tanaman di sekitar area tanam. lahan jangan terlalu sempit sinar matahari secara langsung dan tanah yang subur kaya akan unsur hara. cara membuat lubang tanam penggalian lubang tanam kita bisa menggunakan alat seperti cangkul dengan ukuran lubang tanam 50 X 50 X 50 cm. tanah bekas galian bisa kita manfaatkan untuk media penutup lubang tanam tapi sebelumnya tampilkan dulu kompos kandang yang sudah terfermentasi dan sekam. hindari penanaman langsung ketika sudah membuat lubang tanam lubang tanam perlu kita diamkan terlebih dahulu sekitar 2 – 3 harian biarkan tersinari sinar matahari. setelah kita mendiamkan baru kita menanam bibit rambutannya. penyiraman boleh dilakukan setelah tanaman baru selesai kita tanam siram bagian tanaman keseluruhan sampai merata dan media tanam sampai meresap namun jangan terlalu banyak yang nantinya membuat akar pohon busuk. tanaman baru rentan roboh dikarenakan perakaran masih belum berkembang di area tanam yang baru maka pemasangan ajir memang sangat dianjurkan.

untuk ukuran panjangnya anjir yaitu 1,5 meter namun sesuaikan dengan ukuran begitu juga. untuk pemeliharaan lainnya bisa kita lakukan seperti rajin menyiramnya satu sampai dua kali sehari namun tergantung kelembaban pada tanahnya rumah membersihkan lahan sekitar dari gulma pengganggu dan memangkas tunas liar. Hama yang sering menyerang tanaman rambutan diantaranya semut, kutu, ulat penggerek batang, ulat pemakan daun, ulat jengkal, ulat pemakan daun tidak jika hama tanaman sudah mewabah segera semprotkan insektisida hayati antilat 5 hari sekali dengan dosis 4 tutup botol per 17 liter air. hanya hama tanaman rambutan bisa terjangkit penyakit tanaman yang bisa disebabkan oleh organisme semacam ganggang dan penyakit akar putih yang disebabkan oleh jamur. untuk penanggulannya segera semprotkan fungisida hayati nopatek 5 hari sekali dengan dosis 4 tutup botol per 17 liter air

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *