Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Apa arti pH

salon mobil bekasi

Sabun Gove

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti pH atau asal istilah itu? Inilah jawaban atas pertanyaan dan melihat sejarah skala pH.

Jawaban: pH adalah log negatif konsentrasi ion hidrogen dalam larutan berbasis air. Istilah “pH” pertama kali dideskripsikan oleh ahli biokimia Denmark Søren Peter Lauritz Sørensen pada tahun 1909. pH adalah singkatan dari “kekuatan hidrogen” dimana “p” adalah kependekan dari kata Jerman untuk kekuatan, potenz dan H adalah simbol elemen untuk hidrogen .

H dikapitalisasi karena merupakan standar untuk memanfaatkan simbol elemen. Singkatan juga bekerja dalam bahasa Prancis, dengan pouvoir hydrogen menerjemahkan sebagai “kekuatan hidrogen”.

SKALA LOGARITHMIK
Skala pH adalah skala logaritmik yang biasanya berlangsung dari 1 sampai 14. Setiap nilai pH keseluruhan di bawah 7 (pH air murni) sepuluh kali lebih asam daripada nilai yang lebih tinggi dan setiap nilai pH keseluruhan di atas 7 sepuluh kali lebih sedikit asam daripada yang di bawahnya. Sebagai contoh, pH 3 sepuluh kali lebih asam dari pada pH 4 dan 100 kali (10 kali 10) lebih asam dari pada nilai pH 5. Jadi, asam kuat mungkin memiliki pH 1-2, sementara Basa kuat mungkin memiliki pH 13-14. PH mendekati 7 dianggap netral.

PERSYARATAN UNTUK PH
pH adalah logaritma konsentrasi ion hidrogen dari larutan berair (air):

pH = -log [H +]

log adalah basis 10 logaritma dan [H +] adalah konsentrasi ion hidrogen pada unit mol per liter

Penting untuk diingat solusinya harus berair untuk memiliki pH. Anda tidak bisa, misalnya perhitungan pH minyak nabati atau etanol murni.

Sabun Herbal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *