Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Simak Tips Biar Proposal Kerjasama Kamu Berhasil

Dalam hal menyelenggarakan acara tersebut dibentuklah panitia acara oleh badan atau lembaga kemahasiswaan di kampus. Panitia yang anggotanya adalah mahasiswa di tingkat satu sampai tiga ini bertindak sebagai penyelenggara acara. Struktur panitia yang dibentuk biasanya terbagi ke dalam beberapa divisi yang berbeda.

Semasing divisi itu bertanggungjawab pada beberapa hal yang diperlukan dalam penyelenggaraan acara dari mulai step persiapan, ketika acara, sampai selesai acara.

Lihat tanggung jawab divisi itu, terkecuali divisi acara ada pula divisi yang mempunyai tanggung jawab untuk lakukan persiapan publikasi serta promosi acara, yakni divisi publikasi atau Public Relations. Bahkan juga ada yang menggabungkannya dengan divisi Sponsorship. Bagaimanapun keberadaannya dalam susunan kepanitiaan, divisi ini miliki tanggung jawab untuk menggandeng mass media baik media cetak, media digital, serta media elektronik untuk lakukan publikasi acara.

1. Dampaktifkan Info di Proposal yang Anda Buat 

Nah, ini hal yang juga penting buat kamu cermati. Info didalam proposal yang kamu bikin baiknya di buat dengen efisien. Argumennya yaitu karena Marcomm serta PR Officer yang menyeleksi proposalmu itu mempunyai terbatasnya saat untuk pelajari proposal yang masuk. Oleh karena itu, info yang efisien yaitu kunci dari kerj sama media partnership yang berhasil.

Cantumkan saja deskripsi umum mengenai acaramu, rencana acara, info saat serta tempat, dan penawaran yang anda menawarkan pada perusahaan media. Dampaknya yaitu proposalmu memanglah jadi tidaklah terlalu tidak tipis, tetapi berikut yang disebut info yang efisien.

Tidaklah perlu terlalu lama dalam mengungkapkan rencana serta maksud dari acaramu dengan merangkai kata yang panjang. Karena yang kamu bikin yaitu proposa kerja sama bukanlah surat cinta. Dengan hal tersebut proposalmu layak untuk diperhitungkan.

2. Cermati Saat Pengiriman Proposal dengan Jadwal Acaramu 

Saat pengiriman proposal juga punya pengaruh pada keberhasilan acaramu. Karena anda mesti memperhitungkan kapan acaramu diadakan dengan birokrasi yang berada di perusahaan media.

 

Saat 30 hari sebelumnya acara yaitu saat yang maksimum buat kamu kirim proposal. Ini karena birokrasi di perusahaan media besar umumnya menelan saat sekitaran dua minggu untuk sistem peninjauan proposal. Bila mereka tertarik dengan penawaranmu, kurun waktu dua minggu itu dapat segera sinyal tangan kerja.

Baca Juga: Contoh Proposal

3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Marcomm atau PR yang Anda Hubungi 

 

Sesudah kirim proposal, minta kontak Marcomm atau PR yang anda hubungi untuk kirim proposal. Hal semacam ini mempunyai tujuan buat kamu lakukan follow up mengenai kerja sama itu. Memohon kontak ini dapat juga memperluas jaringanmu. Bila satu atau dua tahun ke depan acaramu juga akan diadakan sekali lagi, anda tinggal menghubungi kembali kontak yang anda punyai itu.

 

Merajut hubungan baik dengan Marcomm atau PR ini butuh dikerjakan. Maksudnya supaya anda serta mereka terasa nyaman. Karakter yang friendly juga akan buat semasing pihak terasa suka serta nyaman untuk lakukan kerja sama. Tapi ingat, merajut hubungan baik bukanlah bermakna setiap waktu anda bertanya mengenai proposalmu. Hargai saat privasinya juga ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *