Monica Huggett

Musik Adalah Hidupku

Sering Gagal dalam Melamar Kerja? Saatnya Lakukan 6 Hal Ini!

Mungkin ada dari kamu yang selama ini bolak balik ngelamar kerja, kenyang job interview tapi gak pernah berhasil . Sedangkan temen temen kamu yang lain udah pada sibuk dengan tempat kerjanya masing masing, dan kamu masih struggle ngelamar sana sini.

Sebelumnya anda mengutuki nasib. Atau anda berfikiran negatif sama perusahaan, atau bahkan juga nyalahin pemerintah yang tidak berhasil ngasih lapangan kerja. Cobalah instropeksi : sudahkah anda lakukan hal berikut ini?

1. Janganlah terus-terusan ngandelin orang yang lain/pasif

Oke, mungkin saja anda miliki teman yang koneksinya beberapa ratus serta kenal sama orang orang perlu yang dapat nyariin anda kerjaan. Anda juga rely too much sama orang ini serta nganggep jika dialah hanya satu yang dapat buat anda dapet kerja. Kenyataannya, anda tidak dapat hanya ngandelin orang yang lain jika ingin berhasil.

It’s okay to ask for help, tapi jika hanya bertumpu sama pertolongan sesaat kamunya sendiri tidak ngelakuin apa apa ya tidak bakalan cepet dapet. Jadilah pencari kerja yang aktif. Rajin mencari informasi lowongan, kirim kirim CV ke perusahaan yang anda senangi, minta pertolongan info dari teman teman anda yang telah kerja, juga akan jadi besar peluang kamu bikin berhasil dari pada hanya ngandelin satu langkah.

2. Perluas koneksi

Tau tidak jika umumnya mereka yang berhasil bisa kerja itu karna miliki koneksi pertemanan yang luas serta promosi dari orang orang yang sempat kerja sama anda. Bila anda termasuk juga pemalu serta tidak tau bagaimana langkahnya nambah teman, ya mulai saat ini belajar bergaul. Umpamanya turut organisasi yang anda senangi dikampus, atau rajin turut seminar seminar agar tidak hanya nambah pengetahuan tapi juga nambah teman. Janganlah lupa juga jika memperluas pertemanan itu tidak cuma di dunia riil tapi juga di dunia maya.

Bila sampai kini teman teman di sosmed anda rata rata bimbangers, baperan, drama, caper, tukang berbagi hoax atau orang orang tidak terang yang hanya menuh menuhin teras anda. Mulai saat ini cut orang orang begini dari daftar pertemanan serta ganti sama orang orang yang lebih positif. Orang orang yang seringkali berbagi status berguna, yang beprestasi di bagiannya masing masing atau siapa saja yang memberikan inspirasi anda agar anda juga ketularan berhasil. Linkedin juga satu diantara media sosial yang pantas anda cobalah untuk keberhasilan kariermu. Anda dapat bisa info lowongan kerja dari sana yang mungkin saja tidak diiklanin dengan luas.

3. Janganlah terpaku pada iklan lowongan online

Memang sich saat ini telah masa digital. Cari kerja tidak butuh sekali lagi sulit susah nenteng map keluar masuk kantor kaya si doel anak sekolahan. Hanya ngecek hape sembari ngopi ngopi cantik juga kita telah bisa akses ke beberapa ratus info lowongan kerja. Tapi eh tapi, tidak ada kelirunya kok anda pakai cara konvensional seperti zaman ortu kita dahulu. Umpamanya jika kalian sekali lagi jalan jalan ke mall, look around, umumnya ada kertas kertas yang ditempel pada dinding diisi iklan lowongan kerja. Atau jika nyali anda gede, silahkan nanya segera ke karyawan atau atasannya sekalian apa ada lowongan kerja. Tapi nanyanya juga baik-baik ya, janganlah kaya nodong, terlebih ngancem.

4. Benerin CVmu

CV itu seperti “spokes-person” anda, juru bicara yang ngasih tau semuanya mengenai anda ke rekruter. CV yaitu alat yang buat anda either di perhatikan atau jadi diabaikan sama rekruter. Karenanya tidak ada kelirunya anda seriusin buat CV mu, tidak hanya asal buat terlebih nyontek. Yakinkan CV yang anda buat menarik serta enak di baca, tulisannya tidak buat sakit mata serta info yang anda catat juga relevan. Tidak butuh lah sampai menang lomba 17an anda sertakan juga dikolom “achievement”.

Menulis kisah pendidikan juga cukup SMA sama kuliah saja, tidak usah sampai TK/Playgroup anda catat juga. Terkecuali menuh-menuhin space, hal tersebut tidak juga akan berperan naikin nilai jual anda dimata perekrut. So, make sure CV anda merangkum info yang bermanfaat serta dapat buat mereka mikir, ” Hmmm… bisa juga nih orang” sesudah baca CV-mu. Satu sekali lagi yang perlu, double cek ketikanmu, janganlah sampai ada typo. Terlebih jika sampai salah menulis nama, umpamanya “Arum” jadi “Arem”, emangnya makanan? Mungkin saja untuk anda typo-typo dikit tidak problem, tapi jika CV-mu ejaan serta ketikannya bener, itu nunjukkin jika anda orang yang cermat. Terlebih jika anda menulis “attention to detail” di CV, tapi CV mu sendiri banyak salah tulis serta sinyal bacanya tidak teratur, blunder kan?

Baca Juga: Contoh riwayat hidup

Satu sekali lagi, jika umumnya anda ngirim CV dengan format yang sama ke semuanya perusahaan yang anda lamar, mulai hari ini hentikan rutinitas itu. Cobalah sempatkan diri kamu bikin kustom CV yang sesuai sama iklan lowongan yang ingin anda lamar. Karna tiap-tiap tempat tentu miliki kriteria yang berlainan masalah persyaratan pekerja yang mereka butuhkan. Umpamanya anda ngeliat iklan lowongan jadi Customer Service dengan kwalifikasi A, B, C. anda dapat personalisasi CV sesuai sama bunyi iklan yang anda baca. Memasukkan kisah kerja atau pengalaman organisasi yang relevan. Jadi cocok HRD baca CV anda, keliatan jika anda kemauan bikinnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *